Selasa, 20 Februari 2018

PENGABDIAN BIOLOGI (BONJOUR) 2018


Pekanbaru - Pengabdian Biologi (BONJOUR) 2018 merupakan agenda rutin HIMABIO FMIPA UR yang dilaksanakan selama 3 hari 2 malam. Hari pertama tanggal 16 Februari 2018 yang berlangsung di Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kampar.

Kegiatan BONJOUR ini ditaja oleh Dinas Kaderisasi HIMABIO FMIPA UR, yang merupakan salah satu sistem pengkaderan yang ada di HIMABIO FMIPA UR, dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan solidaritas dan saling mengenal antar-sesama warga Biologi.

Hari pertama diawali dengan Pembukaan oleh MC yaitu oleh saudari Tamina Melindah, dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua pelaksana BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 oleh Muhammad Nabawi, Kata Sambutan dari perwakilan Badan Pelaksana Harian (BPH) HIMABIO FMIPA UR oleh saudari Sri Nur Kholifah, Kata Sambutan dari perwakilan Persatuan Alumni Biologi (PABIO) FMIPA UR oleh saudara Irwan Indra, S. Si dan kata sambutan dari ketua jurusan Biologi FMIPA UR oleh Bapak Dr. rer. nat Radith Mahatma, M.Si sekaligus pelepasan peserta BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 menuju Desa Siabu, Kecamatan Salo Kabupaten Kampar, dimana acara ini berlangsung di halaman depan jurusan BIOLOGI FMIPA UR. Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan menuju Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar pada pukul 08.00 WIB.

Sesampainya disana, kegiatan dibuka oleh ketua pelaksana kegiatan BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 oleh saudara Muhammad Nabawi dan dilanjutkan dengan ishoma. Tak hanya sampai disitu, Peserta BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 dibekali dengan Pelatihan oleh Batalyon Kampar yang berlangsung hingga sore hari agar melatih kedisiplinan para mahasiswa baru angkatan 2017. Setelah itu dilanjutkan dengan sharing bersama warga Siabu bersama Kepala Adat yaitu Datuk Bandaro Hitam.

Pada malam harinya, kegiatan BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 ini dilanjutkan dengat kegiatan temu ramah alumni dan kegiatan muhasabah alam. Meskipun telah lelah seharian, namun peserta BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 tetap semangat dan antusias mengikuti rangkaian acara hari pertama BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 ini, dari pagi hingga malamnya.

Kegiatan BONJOUR (Pengabdian Biologi)  2018 hari pertama, berakhir pada pukul 23.00 WIB, dimana setelah agenda muhasabah berakhir, peserta diarahkan untuk masuk kedalam tenda mereka masing-masing, lalu istirahat panjang guna mengembalikan dan menyiapkan stamina dan tenaga mereka untuk mengikuti serangkaian acara BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 pada esok harinya.
Kegiatan pada hari kedua diawali dengan senam pagi bersama yang dilaksanakan di SMPN 002 Salo, Kampar. Setelah senam pagi bersama dilanjutkan dengan pengabdian biologi yang dilaksanakan pada dua lokasi yang berbeda sehingga peserta BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 dibagi dua dalam dua pengabdian tersebut. Lokasi pertama yaitu SMPN 002 Salo dan lokasi kedua yaitu SDN 003 Salo.

Pada lokasi pertama, para peserta dibekali pengetahuan dan seminar mengenai Narkotika dan Zat Adiktif (NAPZA) yang dimoderatori oleh Saudari Fanny Sukma Sundari dengan pematerinya yaitu oleh Ibu Dra. Titrawani, M.Si. Dimana seminar ini bertujuan agar para peserta dan siswa/i SMPN 002 Salo dapat terhindar dari NAPZA serta mengetahui dampak buruk dari zat terlarang tersebut. Setelah sosialisasi NAPZA, peserta juga diberikan sosialisasi kedua mengenai Tanaman Obat yang dimoderatori oleh Saudari Indri Atsari dengan pematerinya adalah Ibu Dr. Fitmawati, M.Si. Hal ini tentu sangat penting untuk diketahui karena keanekaragaman flora di Indonesia ternyata tidak hanya dapat dinikmati keindahan estetikanya saja namun juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang berkualitas. Dan yang terakhir adalah sosialisasi mengenai Bijak dalam Menggunakan Handphone dengan pematerinya adalah Ibu Dr. Rr. Sri Catur Setyawati Ningsih, M.Si.

Pada lokasi pengabdian kedua yakni di SDN 003 Salo, peserta dan siswa/i SD dibekali dengan pembuatan tong sampah yang dibuat dari bahan-bahan bekas dan membuat poster bersama dimana setiap peserta dibagi lagi menjadi beberapa kelompok yang tergabung dengan siswa/i SD. Hal ini tentunya akan melatih kreatifitas, menambah pengetahuan dan menyadarkan akan pentingnya membuang sampah pada tempat yang seharusnya.

Seusai kegiatan pengabdian, siangnya para peserta diarahkan kembali ke Bumi Perkemahan (Buper) dan melaksanakan ishoma. Kemudian peserta dan seluruh masyarakat Biologi yang hadir diajak bermain games seru yang akan sangat bermanfaat untuk melatih kerjasama dan kekompakan antar-sesama tim. Tawa dan canda menghiasi sore itu.

Puncak kegiatan BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 yakni kegiatan pada malam harinya yaitu kegiatan Api Ekspresi. Api ekspresi dibuka dengan Kata Sambutan dari Ketua Pelaksana BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 yaitu oleh Saudara Muhammad Nabawi, kemudian dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Bupati HIMABIO FMIPA UR yaitu oleh Saudara Aulia Putra dan Kata Sambutan terakhir disampaikan oleh perwakilan alumni jurusan Biologi FMIPA UR, yaitu oleh Saudara Rizky Hidayat sekaligus membuka Kegiatan Api Ekspresi. Namun sayangnya, kegiatan api ekspresi tidak dapat dilanjutkan dikarenakan turunnya hujan sehingga penampilan pensi dan jargon dari setiap peserta tidak dapat ditampilkan dan dilanjutkan keesokan harinya. Peserta kemudian diarahkan menuju tenda masing-masing dan beristirahat untuk mengumpulkan tenaga untuk esok hari.

Hari ketiga pada tanggal 18 Februari 2018 yang berlangsung di Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kampar.

Pada pagi harinya para peserta BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 menampilkan pensi dan jargon dari kelompoknya masing-masing. Mereka sangat antusias dalam berlomba menampilkan penampilan kelompoknya untuk jadi yang terbaik.

Seakan takmau kalah, para alumni pun ikut menghibur seluruh warga biologi yang hadir dengan menyanyikan beberapa buah lagu. Setelah tampil, alumni memberikan hadiah berupa uang tunai kepada kelompok peserta yang memenangkan juara Pentas Seni (Pensi) pada BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018. Pemenangnya antara lain diraih oleh:

Juara 1 : Kelompok 8
Juara 2 : Kelompok 6
Juara 3 : Kelompok 3

Seusai pengumuman pemenang juara pensi tersebut, BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018 di Desa Siabu resmi ditutup oleh Saudara Rizki Hidayat, S.Si selaku perwakilan dari alumni dan diakhiri dengan bersalam-salaman serta sesi foto bersama dengan Alumni, Senior, Steering Committee (SC), Panitia maupun Peserta. Kemudian peserta diarahkan kembali ke bus untuk perjalanan pulang menuju Pekanbaru. Sungguh momen yang tak terlupakan. Dengan ini, telah berakhirlah kegiatan BONJOUR (Pengabdian Biologi) 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COACHING CLINIC BEASISWA HIMABIO FMIPA UNRI    PENYERAHAN PLAKAT     KATA SAMBUTAN DOSEN KEMAHASISWAAN DOSEN JURUSAN BIOL...