Rabu, 14 Oktober 2015

HIMABIO FMIPA UR #MelawanAsap!

Assalamualaikum wr.wb
Hello again, readers! Salam Konservasi!
Kira-kira, apa ya yang sedang menjadi top news dari kita kali ini? Yak! Bencana kabut asap yang tak kunjung menghilang tengah menyelimuti Pulau Sumatera, khususnya di daerah kami, yaitu Riau. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) bahkan mecapai Berbahaya! dalam beberapa minggu. Sekolah-sekolah, perkuliahan, perdagangan bahkan perkantoran diliburkan karena asap yang semakin menebal dan sangat tidak sehat untuk melakukan aktifitas di luar rumah. Anak balita dan orang-orang tua menjadi korban utama terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Puskesmas dan rumah sakit diminta untuk selalu siaga agar korban dapat ditangani dengan cepat. Posko-posko siaga asap juga didirikan di tempat-temoat khususnya di pinggiran jalan agar memudahkan masyarakat dalam menangani penyakit-penyakit yang disebabkan oleh asap. Selain itu, Pemerintah Kota Pekanbaru menyediakan ruangan steril bebas asap di Kantor Walikota Pekanbaru lantai 4 untuk balita-balita. Itulah beberapa upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam menangani dampak yang ditimbulkan asap. Lantas, apa peran pemuda-pemudi dalam membantu pemerintah? Apa saja kegiatan yang dilakukan mahasiswa/i menanggapi kasus lingkungan seperti ini?
Kamis, 3 September 2015 Pusat Studi Bencana (PSB) LPPM UR, SATGAS STBA UR, Rumah Sakit UR, Mahasiswa UR, MAPALINDUP UR, HIMABIO FMIPA UR dan Mahasiswa KKN Kebangsaan 2015 melakukan aksi pembagian masker gratis dan melakukan beberapa orasi dalam upaya memerangi bencana asap di Gerbang Depan UR (di depan Hotel Mona-Panam,Pekanbaru). Sebagai mahasiswa/i calon pemimpin bangsa, kami peduli akan nasib daerah yang sudah 18 tahun menghirup asap hasil kebakaran maupun pembakaran hutan yang dilakukan oleh instansi-instansi yang tidak bertanggung jawab. Dalam aksi ini, Dr. Haris Gunawan, Direktur Pusat Studi Bencana dan Ahli Gambut Universitas Riau juga ikut serta turun ke jalan untuk melakukan aksi ini. Seperti apa ya, kegiatannya? Yuk lihat foto-foto berikut:
Pembagian masker gratis oleh mahasiswa/i UR
Orasi dari mahasiswa/i UR untuk #MelawanAsap
Mahasiswa/i UR dalam aksi #MelawanAsap
Dr. Haris Gunawan turun ke jalan untuk mengikuti aksi, orasi serta pembagian masker gratis
Pusat Studi Bencana (PSB) LPPM UR, SATGAS STBA UR, Rumah Sakit UR, Mahasiswa UR, MAPALINDUP UR, HIMABIO FMIPA UR dan Mahasiswa KKN Kebangsaan 2015 bersatu #MelawanAsap
Begitulah aksi dan orasi yang dilakukan mahasiswa/i UR sebagai upaya dan kontribusi dari pemuda/i bangsa yang peduli akan alam dan lingkungannya. Semoga para pelaku pembakaran lahan yang tidak bertanggung jawab dapat diberikan sanksi yang setimpal dengan dampak yang sudah disebabkan olehnya. Dan semoga baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dapat lebih menindak lanjuti kasus-kasus yang tak kunjung berakhir seperti bencana asap ini.
Satukan pemikiran untuk alam yang lebih baik.
Sebuah lirik inspiratif dari seorang musisi dunia yang peduli dengan lingkungan:

"If you wanna make the world a better place, take a look at yourself and then make a change"
-"Jika Kamu ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, lihatlah dirimu dan lakukan sebuah perubahan"

So, jika semua orang memiliki pikiran (mindset) seperti kutipan di atas, maka tidak akan pernah ada bencana yang timbul dari kerusakan alam. And remember, start with the man in the mirror (your own self) before it's too late for us!
Sekian dari kami, doa dan harapan selalu kami haturkan seiring dengan usaha yang kami lakukan.
Salam dari Riau yang #MelawanAsap dan #MasihMelawanAsap
Wassalamualaikum,wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COACHING CLINIC BEASISWA HIMABIO FMIPA UNRI    PENYERAHAN PLAKAT     KATA SAMBUTAN DOSEN KEMAHASISWAAN DOSEN JURUSAN BIOL...